PELUNCURAN DAN BEDAH BUKU CERITA RAKYAT KOTA BANJAR

RUANG BACA KOMUNITAS – Sebanyak 17 cerita rakyat Kota Banjar berhasil didokumentasikan dalam buku antologi Cerita Rakyat Kota Banjar yang ditulis oleh para kawula muda yang terdiri dari siswa SLTA, Mahasiswa, dan para pegiat Karang Taruna Kota Banjar. Penerbitan buku ini diinisiasi oleh Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) dengan dukungan penuh Badan Bahasa Kemendikbudristek RI.

Pendiri YRBK menuturkan bahwa langkah awal telah dimulai sekitar tiga bulan lalu dengan diadakan pelatihan menulis bagi kawula muda dalam tiga tahapan. “Setelah melewati tahapan pelatihan dan proses editing, Alhamdulillah hari ini buku Cerita Rakyat Kota Banjar dapat diluncurkan sekaligus dibedah dan didiskusikan,” terang Sofian.

Proses peluncuran ditandai secara simbolik dengan penyerahan buku dari Pendiri YRBK kepada Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Dr. Herawati, S.S., M.A. yang sekaligus juga bertindak sebagai Keynote Speaker dalam acara itu. Narasumber lainnya yang hadir menjadi pembahas adalah Muhammad Ivan (Asdep Literasi dan Kreativitas Kemenko PMK, Jakarta), Agus Supriyadi, ST., M.Si., Ph.D. (Bappelitbangda Kota Banjar), Drs. H. Kaswad, M.Pd.I. (Kepala Disdikbud Kota Banjar, serta Sofian Munawar (Pendiri YRBK). Acara dipandu oleh Muhamad Ghofir Makturidii, S.H.I., M.H. (Dosen STAIMA Kota Banjar).

Sebagai bagian dari rangkaian peluncuran buku, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Dr. Herawati, S.S., M.A. menyerahkan buku kepada para pimpinan OPD terkait di Kota Banjar, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kearsipan dan perpustakaan, serta kepada perwakilan Penulis dan Editor. “Penerbitan buku ini merupakan bagian dari upaya kita untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya lokal melalui sastra,” kata Kepala Balai Bahasa Jawa Barat.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Drs. H. Kaswad, M.Pd.I juga turut hadir dan menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. “Secara pribadi dan mewakili institusi kelembagaan sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, saya sangat mengapresiasi atas terbitnya buku Cerita Rakyat Kota Banjar. Buku ini diharapkan akan memperkuat karakter budaya masyarakat Kota Banjar,” ucap Kepala Disdikbud Kota Banjar. Ia juga menambahkan bahwa buku ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang utuh tentang legenda dan cerita-cerita lainnya yang ada di kota ini serta menambah cakrawala sastra sebagai upaya untuk meningkatkan literasi warga Kota Banjar pada umumnya dan para pelajar di Kota Banjar pada khususnya.

Acara peluncuran dan diskusi berjalan cukup meriah diikuti lebih dari 120 orang. Selain para Penulis, hadir juga para pihak seperti dari PGRI, perwakilan kampus perguruan tinggi yang ada di Kota Banjar, perwakilan pustakawan sekolah dan pustakawan desa/kelurahan serta perwakilan siswa dari SMA, SMK dan MA se-Kota Banjar. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan selingan pembacaan puisi dan penampilan storytelling dari perwakilan Penulis buku Cerita Rakyat Kota Banjar. **

Peluncuran Buku ditandai secara simbolik dengan penyerahan mascot cover buku Cerita Rakyat Kota Banjar dari Pendiri YRBK kepada Kepala Balai Bahasa Jawa Barat
Peluncuran Buku ditandai secara simbolik dengan penyerahan mascot cover buku Cerita Rakyat Kota Banjar dari Pendiri YRBK kepada Kepala Balai Bahasa Jawa Barat

Download e-book Cerita Rakyat Kota Banjar di sini

Link Berita Terkait:

1. Pasundan News

Peluncuran dan Diskusi Buku “Cerita Rakyat Kota Banjar” Menjadi Pemantik Kreativitas Kaum Muda

2. Kabar Priangan

3. Harapan Rakyat.Com

4. Redaksi RadarTV

5. Kanal Youtube RBK

6. Instagram Ruang Baca Komunitas

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top